Memanusiakan Desainer

memanusiakan desainer.jpg

Sebagian graphic designer memasang target waktu yang cepat untuk menyelesaikan sebuah project desain. Demi menarik pasar. Secara marketing ide ini adalah bagus akan bersaing dengan graphic designer lainnya. Memfokuskan pada hal ini ternyata berbahaya untuk proses kreatif desainer. Tidak jarang demi mengejar deadline, kita merasa halal menggunakan desain orang lain untuk desain project kita.

Tentunya pasar selalu menginginkan hal-hal yang cepat dan mudah. Dan pasar saat ini memandang bahwa membuat desain yang bagus adalah hal yang mudah. Dari pandangan mereka ini, muncul sikap menggampangkan proses kreatif desainer. Karena kita anggap mudah dan gampang orang juga mandangnya murah dan bisa didapatkan dengan gratis.

Tentunya sebagai desainer, kita tidak selalu mengharapkan bayaran untuk setiap project desain. Seperti project yang kita kerjakan untuk institusi non profit, lembaga sosial dan beberapa orang yang kita kenal baik. Jadi bukan berarti kita ingin dibayar mahal atas pekerjaan kita, karena itu relatif sesuai dengan kualitas kita namun ada hal yang lebih penting dari itu yaitu: penghargaan. Memandang desainer sebagai manusia, punya kebutuhan seperti seorang dokter, punya keinginan seperti pimpinan perusahaan dan seperti manusia lainnya. Bukan mesin, yang dalam waktu tertentu harus menghasilkan karya yang dipaksakan.

Desain itu mengolah rasa dan rasa itu subjektif. Tapi akan ada satu titik rasa itu dipandang objektif oleh semua orang. Proses menuju objektif ini butuh pengorbanan. Butuh belajar dengan ulet, membeli buku, komputer, software desain profesional, drawing pad, ruangan yang enak agar dapat inspirasi, koneksi internet, menghabiskan waktu sharing dengan desainer lainnya, gabung di komunitas desain dan beberapa desainer yang serius menyengaja untuk bersekolah desain.

Seorang terpelajar harus adil, bahkan sejak dalam pemikiran (Pram).

Kalau kita memandang dokter itu terhormat, saat ini kita juga harus memandang pekerjaan desain sama terhormatnya dengan profesi lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s