Apa itu jurusan Teknologi Pendidikan?

header

Beberapa bulan lagi hampir genap empat tahun belajar di jurusan Teknologi Pendidikan. Ingin berbagi cerita tentang apa itu teknologi pendidikan. Rasanya lucu ketika sudah mau lulus sulit menemukan pengertian yang bisa diterima oleh masyarakat pada umumnya.

Pada awalanya, kita tidak tahu jurusan apa ini namanya, kita hanya tahu dengan menduga-duga “teknologi” dan “pendidikan”. Rasanya kata “teknologi” mampu menarik lulusan SMA untuk mencari tahu dan menerka-nerka akan jadi apa nantinya jika saya kuliah disini.

Kak, jurusan macam apa sih teknologi pendidikan itu?

Teknologi pendidikan secara teori adalah upaya untuk memudahkan orang untuk belajar. Konsep ini masih luas, dan masih melayang-layang untuk diterima di bumi kita tercinta. Nah, mari kita membumikan konsep ini.

Ketika kita belajar, kita sering menemukan kesulitan dalam belajar. Banyak faktor yang menyebabkan kita menjadi sulit untuk belajar. Buku yang sulit buat dicerna, penjelasan guru yang sulit masuk ke otak kita, dan permasalahan belajar lainnya, sehingga kita tidak betah di sekolah. Sekolah seperti penjara bagi kita. Karena kita sulit menikmati pembelajaran.

Siapa sih yang harus menyelesaikan permasalahan ini? Tentunya guru dan sekolah. Nah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut ada ilmu nya, kita bisa belajar di Teknologi Pendidikan. Kita bisa merancang pembelajaran yang menarik sebagai solusi dari permasalahan pembelajaran tadi.

Jadi Teknologi pendidikan adalah upaya untuk memudahkan orang untuk belajar dalam kondisi apapun. Mau dalam keadaan terbatas maupun ketika fasilitas berlimpah, pembelajaran harus tetap bermakna.

Kuliahnya belajar apa aja sih kak?

Mata kuliah yang kita pelajari di kampus bervariatif. Karena Teknologi Pendidikan merupakan keilmuan terapan, di dalamnya terdapat ilmu psikologi, pedagogik, ilmu komunkasi, manajemen, ilmu komputer, fotografi dan ilmu desain dasar.

Nah keilmuan tersebut nanti dijadikan pengetahuan dasar untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran.

Salah satu contoh mata kuliah yang menarik bagi mahasiswa adalah fotografi, media grafis, juga pengetahuan dasar tentang kurikulum dipelajari disini.

Nanti setelah lulus prospek kerja nya gimana kak?

Sebelum ke prospek kerja, saya mau menjelaskan kompetensi yang kita bisa setelah belajar di Teknologi Pendidikan. Kenapa yang mau saya jelaskan kompetensi? Banyak dari kita terjebak dengan prospek kerja dari sebuah lembaga pendidikan, jangan-jangan kita menjadi salah fokus nih ketika melihat suatu jurusan karena mengabaikan kompetensi dari jurusan tersebut.

  1. Bisa membuat animasi 2d dasar
  2. Bisa membuat animasi 3d dasar
  3. Bisa fotografi
  4. Bisa videografi
  5. Editing foto & video
  6. Membuat media pembelajaran berbasis flash
  7. Merancang e-learning
  8. Merancang website
  9. Merancang kurikulum diklat (mikro)
  10. Menganalisis kurikulum
  11. Mengerti metode belajar yang baik
  12. Mengerti media yang seharusnya digunakan untuk karakteristik mata pelajaran
  13. Pemrograman dasar (konstetrasi TIK)
  14. Dan lain-lain

Dengan kompetensi keahlian seperti diatas, maka sebetulnya kita bisa bekerja dimana saja selama kita punya kompetensi yang berkaitan. Atau membuka lowongan pekerjaan. Dan yang masuk lulusan teknologi pendidikan belum tentu mempunyai keahlian sebanyak itu dengan mahir. Namun peluang untuk mengembangkan kompetensi di atas cukup luas. Setiap mahasiswa punya kecenderungannya masing-masing. Tergantung kesukaan.

Berikut ini beberapa lembaga yang linear dengan keilmuan Teknologi Pendidikan:

  1. Pustekom
  2. SEAMOLEC
  3. PTP (Pengembang Teknologi Pembelajaran) di setiap sekolah. (Sampai sekarang peluang ini belum menjadi kebijakan pemerintah, masih dalam tahap draft dan pengujian)
  4. Guru TIK (Dengan kebijakan kurikukum 2013 yang meleburkan mata kuliah TIK, kesempatan ini menjadi berkurang, namun di beberapa daerah bisa mengajar sebagai guru SMK jurusan Broadcasting, Multimedia)
  5. Lembaga pelatihan di dinas-dinas negeri, BUMN, maupun swasta, membutuhkan pengembang kurikulum untuk program pelatihan mereka.

Dalam keterbatasan pengetahuan ini, sebetulnya masih banyak namun saya filter karena datanya simpang siur. Mungkin nanti ada yang lebih tahu dan bisa menambahkan. Terutama yang sudah terjun langsung ke lapangan.

Dan keraguan itu ternyata bersumber dari kurangnya pengetahuan kita akan sesuatu, jadi kalau ragu berarti nyari ilmu nya belum beres, kudu nyari lagi. di lain artikel ingin juga saya bagi tentang perkembangan dan sejarah teknologi pendidikan berdasarkan perkuliahan di kampus, catatam kuliah, handout dari dosen dan buku sumber.

Advertisements

3 thoughts on “Apa itu jurusan Teknologi Pendidikan?

  1. kompetensi utama seorang tekpend adalah sebagai problem solver pembelajaran, apalagi kalau sudah menjadi seorang instructional design, kita bertindak support system dalam pembelajaran maka penting bagi kita sebagai seorang tekpend untuk mengetahui atau minimal mengenal kompetensi pendukung diatas. Tapi yang paling penting dari itu semua, seorang tekpend harus terus berkarya, terektek pend

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s