Kantong plastik bersih, ulah dipiceun

Jadi ceritanya bigini, ketika selasa kemarin saya pergi J***s Photo untuk membeli frame. Tidak seperti biasanya pelanggan tidak diberikan kantong plastik, kami ditawarkan tas daur ulang seharga Rp. 5000, ya jelas saya menolak membeli hehe. Saya membeli 4 buah frame, dan ketika selesai pembayaran si mbak kasirnya memberikan frame tersebut tanpa plastik, bener-bener tanpa plastik. Kebayang harus bawa 4 frame pake sepeda motor ke kosan.

Karena si mbak mungkin kasihan melihat saya, yang mencoba memasukan 4 frame ke dalam tas dan ternyata hanya muat satu. Kemudian si mbak kasir memberikan kantong plastik untuk tiga buah frame sisa nya.

Hari ini ketika saya sedang beres-beres kosan, merapikan buku, catatan keuangan proyekan, dan dokumen skripsi saya menemukan hal-hal yang sudah tidak digunakan di ruangan dan jumlahnya lumayan banyak. Yaitu kantong plastik, bekas dari J***s tadi, dari SMM D*, Indom*rt, bekas makan ayam penyet, plastik bekas makan nasi goreng, warteg dan sebagainya yang ternyata setelah sampai kosan sayang banget kalau harus dibuang, masih bersih dan bisa digunakan.

Kemudian saya jadi teringat si mbak-mbak J***s yang menawarkan kantong daur ulang. Saya menjadi tersadar bahwa itu adalah solusi dari kebiasaan-kebiasaan kita dalam menggunakan kantong plastik. Selain lebih bisa menghemat si pedagang, juga ramah terhadap lingkungan. Mulai sekarang dalam tas kita harus mulai menyimpan kantong daur ulang. Komitemen nya harus dari kesadaran diri sendiri.

Mungkin dengan tindakan mengurangi kantong plastik yang kita gunakan dapat menjadikan lingkungan kita menjadi lebih baik dan lebih nyaman. Bisa-bisa Tempat Pembuangan Akhir sampah yang dekat rumah saya (Baca: http://jabar.tribunnews.com/2016/02/09/pembangunan-tppas-legok-nangka-nagreg-masih-menimbulkan-pro-dan-kontra) bisa jadi tidak digunakan karena warga jawa barat sadar akan pengelolaan sampah yang bersumber dari pengendalian diri kita dalam menggunakan plastik.

Semoga saja.

Leave a Reply

