Kita akan terus-terusan berusaha jika kita punya target. Untuk itu mempunyai tujuan sudah menjadi sebuah keharusan. Sejak kecil kita diajarkan oleh lingkungan untuk mempunyai cita-cita. Kadang ia adalah ke-abstrak-an untuk dicapai, tidak tahu darimana dan kapan harus dimulai. Angan-angan hidup dalam imajinasi.

Cita-cita dalam perjalannnya sering berubah, menyesuaikan dengan keadaan. Kita mengukur diri cita-cita mana yang mungkin buat kita capai dengan kondisi saat ini. Biasanya cita-cita terbesar kita selalu disimpan dalam hati rapat-rapat, pun kalau diceritakan biasanya hanya ke beberapa orang saja yang kita percaya.

Mestinya kita digerakan oleh cita-cita, bukan sebaliknya. Namun itu bukan perkara gampang seperti menulis artikel ini. Hal yang saya percaya adalah “tidak ada kata terlambat untuk sebuah cita-cita”. Melakukan usaha sebagai proses perwujudan cita-cita. Sampai kita berhenti menjadikan oksigen sebagai kebutuhan utama dalam hidup. Marilah kita sejenak memikirkan kembali cita-cita, jangan-jangan cita-cita kita hanya sebatas profesi. Atau hanya pelepasan nafsu belaka.

Sekarang umur kita mungkin sudah di kisaran dua puluhan. Artinya kalau patokan kita adalah umur nabi Muhammad, setidaknya kita telah menghabiskan 31,7% umur kita di dunia. Rata-rata puncak karir seseorang adalah di usia 40 tahun. Sebelum usia 40 tahun kita masih punya kesempatan yang besar untuk merubah hidup kita ke arah yang lebih baik. Sesuai dengan apa yang dicita-citakan.

Tahun ini saya memasuki umur 23 tahun. Tidak terasa memang yang namanya usia ini, selalu lebih cepat dari apa yang kita kira. Padahal baru kemarin saja rasanya di ospek di kampus menandakan masih usia belasan tahun. Kuliah adalah proses pendewasaan diri. Proses pembentukan pola pikir dari yang masih remaja menuju dewasa. Dan biasanya di fase inilah cita-cita kita banyak berubah, disesuaikan dengan jurusan yang kita ambil yang entah kita masuk kesini terjebak atau memang betul-betul yang diinginkan sejak dulu.

Salah satu proses pendewasaaan adalah dengan diberikannya tanggung jawab. Tanggung jawab dalam menjalankan amanah. Entah itu dikampus, di rumah ataupun diantara keduanya. Dalam tanggung jawab kita ditempa menjadi manusia yang seutuhnya, kesabaran, melatih mental, kedisiplinan, mengetahui keadaan lingkungan sekitar. Mempelajari nilai-nilai yang ideal dan berusaha menerapkan nilai-nilai tersebut kedalam kehidupan sehari-hari.

Bagi saya, bolehnya cita-cita berubah karena dua alasan:

a. Alasan pertama adalah imajinasi masa kecil kita dibatasi oleh pengetahuan. Jadi ketika kita mengatakan cita-cita A itu kita tidak dengan pengetahuan tugas dan fungsi cita2 tersebut. Akhirnya semakin dewasa semakin berkembang pula wawasan kita, kemudian kita metubah nya. Dan itu bagi saya fikir tidak menjadi masalah.

b. Alasan yang kedua adalah berkembang dengan pesatnya teknologi, karena waktu kecil kita tidak mengenal profesi-profesi baru yang kita kenal sekarang. Seperti programmer, Seorang digital marketing, seorang konsultan pendidikan, seorang pengembang kurikulum sekolah, seorang instructional designer dan masih banyak lagi profesi yang berkembang di abad 21 ini.

Dalam usia yang masih muda-mudanya ini memang waktunya untuk terus belajar. Jenjang S1 bukanlah akhir semangat belajar, baiknya semangat untuk terus belajar tidak tersekat oleh oleh status kita mahasiswa atau bukan. Jadi setelah lulus, jangan memutuskan hubungan dengan perpustakaan, sharing di komunitas dan menghadiri seminar. Sarjana tidak menjadikan kita lebih pintar dari lulusan SMK, dalam beberapa keahlian ternyata lulusan SMK lebih menguasai dibanding kita yang S1. Tanda bahwa jangan berpuas diri dengan ilmu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s